Bagaimana Cara Downgrade Working Visa 9G di Filipina?

Untuk yang bekerja di Filipin (terutama daerah Makati dan Manila) pasti ngga asing lagi sama istilah downgrade visa jika kita resign dari suatu company.

Sebenernya, proses downgrade, cancel, dan ECC adalah kewajiban perusahaan untuk mengurusnya dan kita sebagai karyawan hanyalah terima beres. Yeahh,, Ya udalah ya,, dari awal juga ga ekpektasi apa-apa, jadi ya ngga seberapa kecewa juga hahaha.

Di sini saya ingin sharing mengenai proses downgrade working visa 9G yang saya lakukan semuanya sendiri.

Sebagai informasi, lokasi saya adalah di Makati City. Lokasi BI (Bureau of Immigration) yang saya pilih adalah BI SM Aura Lt. 8 di daerah BGC. Saya ngga sanggup pilih BI yang Intramuros. Rame banget. Terus jauh juga.

Kalau kamu naik GRAB, pilih lokasinya yang: SM Aura McKinley Office Tower atau SM Aura Office Tower. Jangan pilih yang SM Aura saja ya,, karena itu pasti diturunin di mall-nya dan jalan menuju SM Aura Office Tower lumayan jauh dan mesti naik elevator 2 kali 🙁 Plus nunggu elevator yang ke-2 pun ngga worth it karena lamaaaa banget (soalnya start di lantai 5 dan kebayang khan udah banyak orang naik dari GF, pluss ditambah lagi posisi BI ada di lantai 8 dan di lantai 7 ada Pag Ibig,, ughhh – naik tangga adalah yang tercepat daripada nunggu elevator).

Pastikan kamu sudah menyiapkan map putih panjang (bahasa Inggrisnya: Folder White Long) dan dokumen permohonan downgrade (asli dan fotokopi) dari kantor dimana kamu resign, passport asli, fotokopi bio passport, fotokopi paspor pada bagian terakhir datang ke Philippines, fotokopi passpor bagian stamp 9G. FYI, di lantai 7 dan lantai 8 ada tersedia tempat fotokopi juga.

Ingat! Sangat pengajuan downgrade, kamu HARUS melampirkan dokumen yang dibutuhkan dengan menggunakan map putih panjang, (bukan yg A4 ya), bisa dibeli di National Book di SM Aura-nya. Harganya 7 Peso.

Folder White Long

Setelah semua dokumen lengkap, kamu HARUS ambil nomor antrian (kalau ngga jelas, bisa tanya ke security). Dikarenakan working visa saya belum expired, maka saya tidak dikenakan biaya tambahan untuk proses downgrade-nya.

Biaya Downgrade dengan jalur express: 3,520 Peso.

Berdasarkan informasi petugas imigrasi, Express membutuhkan waktu 3-7 hari kerja karena mereka harus mengirimkan dokumennya ke BI Intramuros. Namun kenyataannya membutuhkan waktu hampir 3 minggu (karena ada Libur Holy Week + atasan mereka yang berwenang tanda tangan sedang ke Korea -__- wew,,).

Jika downgrade selesai, maka di passpor akan ada stempel dan dikasih juga Surat keterangan No Derogatory Records.

Berikut adalah Link untuk proses Downgrade: http://immigration.gov.ph/services/others/downgrading-of-visa

Okay,, Downgrade selesai. Next step adalah Cancel iCard. Saya melakukan cancel iCard di BI SM Aura ini juga. Jadi ngga usah kemana-mana lagi. Persyaratannya adalah bawa dokumen pengajuan cancel iCard dari kantor yang kamu resign tersebut, fotokopi semua bagian passport (bio, working visa, last arrival, stempel downgrade), fotokopi juga Surat Keterangan No Derogatory Records, fotokopi iCard juga depan belakang dalam 1 kertas.

Ingat! Ada tempat fotokopi di lantai 8 dan lantai 7.

Biaya cancel iCard: 1,010 Peso. Lama prosesnya: 3-7 hari kerja. Waktu itu saya jadinya di hari ke-4.

Link untuk proses cancel iCard: http://immigration.gov.ph/services/alien-registration/cancellation-of-acr-i-card

Terakhir, adalah proses ECC (Exit Clearance Certificate). Ada Form yang harus di isi (tersedia di Imigrasinya koq). Dokumen yang dibutuhkan hampir sama seperti proses Cancel iCard tapi PLUS fotokopi Surat Pengajuan Cancel iCard yang ada stempel CANCELLED-nya dari BI, dan PLUS 6 pcs Foto ukuran 2×2 background putih (kedua telinga HARUS kelihatan ya).

Biaya ECC adalah: 1,210 Peso. Lama prosesnya: 3-7 hari kerja juga. Kenyataannya yang punya saya jadi sekitar 3 hari kerja.

Kalau lupa foto, kamu bisa foto dulu di LG SM Aura. Prosesnya 30 menit.

Yang harus diingat, Cut-Off time di BI untuk urus-urus downgrade, cancel, dan ECC adalah jam 3 sore Manila Time. Jadi, sebaiknya jangan datang mepet-mepet karena Elevatornya tuh bener-bener perjuangan banget, apalagi kalau ada yang mesti di fotokopi atau ada yang mesti dibeli dll. Kalau di BI-nya sendiri sih antrinya ga terlalu lama.

Nahhh,, kalau kamu resign, pastikan kantor dimana kamu resign tersebut memproses AEP ya dan kamu HARUS minta fotokopi surat prosesnya ke DOLE tersebut beserta fotokopi kartu AEP.

Oh iya,, sebelum saya memutuskan untuk mengurus Downgrade sendiri, saya sempat terpikirkan untuk menggunakan Agent (baca: calo), tapi harganya itu lhooo,, mahal banget. Harga Agent yang saya dapatkan adalah 10,000 Peso. Lama prosesnya 2 minggu. Cuman kasih Passport dan iCard saja (ngga perlu dokumen surat pengantar dari perusahaan dimana kamu resign). Kalau yang express (2 hari) harganya 13,000 Peso. Tapi harga-harga tersebut belum termasuk ECC ya. ECC urus sendiri. Hanya Downgrade dan Cancel iCard saja.

Leave a Reply

Close Menu