Jalan-jalan ke Filipina: The Mind Museum

Mabuhay! Pergi ke Mind Museum karena temen saya, Rio, merekomendasikan tempat ini yang katanya, “Bagusss banget, Ki! Cocok nih buat anak lo (Deva)..” Okay,, setelah ceki-ceki, ternyata harganya mahal juga ya 😐

Setelah ditimbang-timbang untuk kebutuhan homeschooling Deva, akhirnya saya putuskan untuk ciao bella,,

tiket masuk mind museum

Harga Tiket
All Day Pass Museum (tidak dibatasin 3 jam): 750 Peso
All Day Pass Museum + Space Adventure (tidak dibatasin 3 jam): 880 Peso
Adults: 625 Peso
Children and students (up to college – tapi mesti tunjukin valid school ID): 475 Peso
Public school students: 190 Peso
Teachers: 190 Peso
Unlimited science pass (year round): 2,500 Peso

Operating Hours
Selasa-Minggu (Senin tutup): 09.00-12.00 | 12.00-15.00 | 15.00-18.00

Jadi begini, kalau kita tidak pilih harga tiket yang All Day Pass, maka kita hanya bisa masuk di jam-jam tertentu, yaitu jam 09.00, 12.00, atau 15.00. Kalau lewat gimana? Ya gpp,, masih bisa masuk, tapi keluarnya harus di jam yang sudah ditentukan, yaitu 12.00, 15.00, atau 18.00. Misalnya, kita beli yang harga tiketnya normal dan sampe The Mind Museum-nya jam 11.00. Bisa masuk ga? Bisa. Berapa lama? Cuman bisa 1 jam doank di dalam karena schedule-nya jam 09.00-12.00. Lebih baik menunggu di schedule berikutnya yang jam 12.00-15.00.

Setelah baca review sana-sini tentang The Mind Museum, ada yang bilang ambil All Day Pass ngga worth it. Karena aslinya di dalam tuh kecil banget. Tapi setelah sampai lokasi, saya pilih yang All Day Pass karena masalah mengenai peraturan jam yang ngga fleksible tersebut.

Oh iya, harga tiket yang saya sebutin di atas itu hanya untuk Museum-nya saja ya,, Untuk yang outdoor-nya (Space Adventure) ada bayar tambahan 130an Peso gitu (lupa saya,, udah lama banget soalnya). Sebenernya yang outdoor ini ya biasa aja,, cuman karena The Mind Museum ini project Bonifacio Art Foundation yang berbasis Non-Profit, yeah,, saya bayarlah. Hitung-hitung berkontribusi karena semua penjualan tiket dan donasi akan digunakan untuk maintenance dan peningkatan Museum dan exhibits, plus buat subsidi harga tiketnya guru sama public school student di Philippines.

Deva betah banget di The Mind Museum. Ga mau pulang! Sampai saya kebelet pipis dan saya ajak ke CR ga mau ikut. Akhirnya saya minta tolong security buat jagain dan liatin Deva 😓 dan anaknya asik main puter-puter foto.

Saya sempet amazed banget sama Deva pas ke Universe Gallery. He is so smart. Jadi ada simulasi planet-planet gitu sama matahari. Dan Deva bisa ngerti konsep revolusi bumi. Jujur, saya aja masih bingung sebenernya bumi yang mengelilingi matahari atau matahari mengelilingi bumi.

astronot deva

deva and moon

deva dan planet

Di Earth Gallery, Deva asik nunjuk-nujuk dan ketawa-ketawa pas liat poop-nya T-Rex. Alamak,, Selain itu, Deva juga tertarik banget sama konsep erupsi volcano. Bagus sih,,

Deva juga minat banget sama Technology Gallery karena ada beberapa anak SD gitu pada nyobain. Jadilah Deva ikutan,, Berikut ini adalah hanyalah sebagian kecil foto-foto Deva di The Mind Museum dan Space Adventures:

dimension and deva

deva and aircraft simulation simulasi di mind museum

universe gallery

simulation in the mind museum brain and deva tank and deva

mirror simulation in mind museum

Leave a Reply

Close Menu